TIPS MENGUSIR KECOA DAN SEMUT DI RUMAH

TIPS MENGUSIR KECOA DAN SEMUT DI RUMAH

MEMBASMI & MEMBUNUH KECOA SECARA ALAMI

Mengusir kecoa bisa dibilang cukup sulit. Bahkan saat kita sudah memutuskan kepala kecoa saja dia masih bisa bertahan hidup selama sembilan hari tanpa kepala. Binatang yang termasuk golongan serangga ini sungguh menjadi musuh utama para wanita dan ibu – ibu rumah tangga. Ada yang membencinya karena takut, jijik, dan lain sebagainya, kecoa ini juga sangat bau, yang bisa buat kita pusing.

Agar rumah kita bisa bersih terhindar dari serangan kecoa, simak 5 tips cara mengusir kecoa dibawah ini:

1. Mengusir Kecoa
Untuk mengusir kecoa, siapkan buah Jeruk lemon, Mentimun, atau Daun Salam secukupnya saja. Iris kecil – kecil bahan tersebut. ( pilih salah satu ). Kemudian tuangkan irisan bahan tersebut ke dalam gelas atau wadah yang sedang. Letakkan wadah atau gelas tersebut di tempat yang banyak terdapat kecoanya, misalnya saja dapur, almari, atau tempat yang lainnya.
Kenapa kecoba bisa kabur? Karena pada dasarnya kecoa ini tidak suka dengan aroma bahan – bahan di atas, jadi jika suatu tempat kita kasih ramuan tersebut, maka kecoa akan lari.

2. Membunuh Kecoa
Saat menemukan kecoa, cara cepat dan efektif untuk menyingkirkan serangga ini adalah dengan langsung menginjaknya.
Siapkan gulungan koran atau alat apapun yang bisa Anda gunakan untuk langsung membunuh kecoa yang terlihat.
Cara lain, semprotkan air sabun ke badan kecoa. Air sabun cukup ampuh untuk mematikan kecoa.
Kedua cara diatas cukup efektif mengurangi populasi kecoa dewasa. Namun, telur kecoa tetap tidak tersentuh dan segera menetas menjadi kecoa dewasa.

3. Membuat Lapar Kecoa
Kecoa tidak dapat bertahan hidup tanpa makanan dan air. Pastikan untuk membersihkan apapun yang bisa dijadikan makanan dan minuman kecoa.
Rumah yang bersih dan rapi akan membantu meminimalkan populasi kecoa. Pastikan pula untuk meletakkan sampah atau sisa makanan di luar rumah agar tidak menjadi sumber makanan kecoa.
Simpan makanan dalam wadah tertutup dan jangan biarkan terbuka terlalu lama.
Daerah di bawah kulkas atau kompor harus dibersihkan secara teratur karena sering terdapat sisa-sisa makanan dan minyak yang bisa menjadi makanan kecoa.

4. Memutus Pasokan Air
Selain melenyapkan sumber makanan, cara lain untuk membasmi kecoa adalah dengan memastikan tidak ada pasokan air untuk minum kecoa.
Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh University of Florida, kecoa dapat hidup selama dua minggu tanpa makanan dan air, tetapi mereka bisa bertahan hingga 42 hari dengan hanya minum air.
Air dari pipa yang bocor umum digunakan oleh kecoa sebagai sumber air. Tempat di bawah wastafel adalah tempat favorit lain bagi kecoa.
Jadi pastikan tempat-tempat tersebut kering sehingga memutus pasokan air bagi kecoa.

5. Perangkap Kecoa dan Predator Alam
Selain cara-cara diatas, metode lain untuk membunuh kecoa adalah dengan memasang perangkap non racun di sekitar rumah.
Salah satu jenis perangkap bekerja seperti perekat yang menjebak kecoa sehingga tidak sempat masuk ke dalam rumah.
Kecoa juga memiliki sejumlah besar predator alami. Kadal, burung, tikus, kodok, dan katak semua menjadikan kecoa sebagai santapan.
Pastikan untuk tidak mengganggu habitat predator alami agar populasi kecoa tetap terkontrol.

Selain Cara-cara diatas, dibawah ini beberapa cara alternatif untuk membasmi kecoa secara alami :

Daun Salam
Bumbu dapur yang satu ini ternyata dapat untuk mengatasi masalah kecoa. Cara yang dipakai juga cukup mudah, Pertama kita iris tipis-tipis daun salam yang masih segar (bukan berwarna coklat melainkan pilih yang hijau)
Lalu letakkan pada tempat yang biasa kecoa sering lewati. Biarkan saja potongan daun salam tersebut selama beberapa hari and kemudian lihat hasilnya, apakah berhasil mengusir atau tidak.
Jika daunnya sudah mengering dan berubah warna, cukup diganti dengan yang baru biar kecoanya tidak datang lagi.

Timun / Lemon
Potong-potonglah timun atau lemon tersebut dan letakkan di tempat-tempat yang sering dilalui kecoa.

Melati
Cara lain adalah dengan memakai bunga melati dan garam, letakkan saja disamping lemari ataupun sudut-sudut ruangan, atau jika kamar mandi bisa taruh di samping kloset,
Bau dari melati bisa mengusir kecoa dan membuat ruangan menjadi wangi, selain melati kita bisa menggantinya dengan biji bunga lavender.

Daun lada
Dengan daun lada kita juga dapat membasmi kecoa, penggunannya sama dengan daun salam. Diiris tipis kemudian ditaburin pada ruangan dimana kecoa sering lalu lalang.
Dan jika daunnya sudah mengering dan berubah warna, cukup diganti dengan daun yang baru supaya kecoanya bisa lebih cepat pergi.

Lada
Selain dapat mengusir kecoa secara alami, bisa juga dipakai untuk mengusir semut. Ambil lada sesuai dengan kebutuhan lalu tumbuk sampai didapat bubuk yang halus, jika sudah halus tinggal ditambah air sampai menjadi semacam pasta.
Kemudian ambil kuas lalu oleskan ramuan ke daerah-daerah yang sering menjadi tempat berkumpulnya kecoa dan semut. Cara ini paling pas untuk mengusir yang ada di lemari dan meja makan, kita tinggal oleskan saja pada kaki-kaki meja atau lemari.

Kapur barus
Kecoa tak suka bau wangi/segar. Jadi letakkan kapur barus di tempat-tempat yang biasa dilalui kecoa. Dapat diletakkan utuh atau di gerus.

Lavender
Letakkan segenggam biji bunga lavender di wadah dan tempatkan di kamar mandi atau laci. Baunya akan mengusir kecoa dan menyegarkan ruangan.

Membunuh Kecoa dgn cara natural tanpa insecticide dan tanpa racun:
Sediakan bottle yang ada kepala semprot. Masukkan air yang telah dicampurkan dengan sabun mandi. Bila nampak aje kecoa, semprot ke atasnya. Lipas akan mati cepat sebab tidak dapat bernafas kerana ia bernafas dari kulit kepala sehingga ke kulit badan. Air dan sabun akan menutup lubang nafas mereka.
Dapatlah hemat uang sikit daripada kita memperkayakan pembuat Baygon atau Hit. Gunakan uang tsb untuk bersedekah.

Memerangkap Kecoa dgn cara natural tanpa insecticide dan tanpa racun:
* Sediakan botol kaca yang terbuka mulutnya seperti botol tauco bekas,atau gelas yang sudah tidak dipakai usahakan agar kecoa bisa naik dan masuk kebotol tersebut dengan cara memberi kertas atau kain dari lantai kemulut botol. Letakkan sedikit serbok kopi atau koko dalam botol.
* Letak botol/gelas berdiri di tempat yang biasa nampak Kecoa. Bila kecoa terperangkap,maka semprot dgn air sabun.

Apakah anda memiliki pengalaman sendiri membasmi kecoa dengan cara-cara alami tanpa menggunakan obat-obatan berbahaya.

 

Cara Mengusir Semut Secara Alami

Apa jadinya jika mereka pegang obat semut yang sudah di tabur kemudian memasukannya ke mulut mereka. Secara obat yang digunakan mengusir semut itu terbuat dari bahan kimia yang bisa saja berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Jika sudah demikian pilihan selanjutnya jatuh pada cara alami mengusir semut. Cara tersebut tentunya tidak menggunakan bahan berbahaya melainkan bahan-bahan alami yang sangat tidak disukai oleh semut. Berikut bahan-bahan yang bisa dugunakan.

Usir Semut dengan Daun Sirih

Daun sirih acap kali dijumpai sebagai bahan susur (yang dikunyah-kunyah) oleh orang tua jaman dulu. Biasanya digunakan agar gigi awet. Ternyata daun tanaman yang satu ini juga mampu mengtasi masalah semut di rumah. Anda hanya perlu menggunakan beberapa lembar daun yang diremas hingga mengeluarkan aroma. Aroma tersebut sangat dibenci oleh para semut sehingga mereka akan menjauhi area yang terdapat remasan daun sirih.

Mengatasi Semut dengan Bubuk Kopi

Jika kita para manusia umumnya menyukai kopi maka tidak demikian halnya dengan semut. Para semut sangat tidak suka dengan yang namanya kopi terlebih yang berupa bubuk. Cara mengusir semut menggunakan bubuk kopi ini cukup mudah. Hanya dengan menaburkan bubuk kopi pada area yang kita inginkan agar tidak dijamah semut maka mereka akan menjauhinya. Selain itu bisa juga di taburkan di sarang semut agar mereka kabur selamanya.

Mengusir Semut dengan Mentimun

Ada fakta menarik yang perlu anda ketahui seputar semut. Umumnya serangga yang berkoloni ini sangat tidak suka dengan yang namanya mentimun. Maka dengan menempatkan potongan mentimun pada sarang semut akan membuat mereka pergi. Bisa juga dengan meletakkanya di jalur semut berlalu lalang mentumun yang diblender.

Basmi Semut Menggunakan Garam

Cara mengusir semut selanjutnya yaitu memanfaatkan salah satu bahan dapur yaitu garam. Rasa garam yang asin sangat mengganggu semut sehingga mereka akan menghindarinya. Cara menggunakan garam untuk mengusir semut bisa dengan di campur dengan air hangat dan disemprotkan ke sarang semut atau area yang ingin agar dijauhi semut.

Cara Mengusir Semut Dengan Bahan Disekitar

Selain bahan alamin diatas masih ada beberapa bahan di sekitar kita yang juga bisa kita manfaatkan untuk mengusir semut. Pastinya bahan-bahan ini cukup aman dan ampuh untuk membasmi semut di sekitar kita.

Mengusir Semut dengan Sabun

Yups, cara mengusir semut selanjutnya ini memang sedikit unik. Kita memanfaatkan sabun yang biasa kita buat mandi. Caranya cukup mudah kitya bisa menyemprotkan sabun yang di campur air pada sarang semut. Bisa juga dengan mengoleskan sabun pada area yang sering di datangi semut. Lapisan lilin pada sabun akan membuat semut dehidrasi dan mereka tidak menyukainya.

Usir Semut Dengan Baking Soda

Mungkin anda sudah mengetahui bahwa setiap koloni semut memeiliki aroma berbeda dari koloni lainnya. Nah setiap koloni akan menghindari aroma koloni lain yang menandakan itu daerah kekuasaan mereka. Baking soda akan memanipulasi aroma tersebut sehingga semut akan mengira bahwa area tersebut telah dikuasai. Sehingga mereka akan mengindarinya.

Mengusir Semut Dengan Parfume

Semut juga sangat sensitif dengan yang namanya aroma menyengat seperti aorma parfume. Mereka memilih untuk meninggalkan tempat yang memiliki bau menyengat dari parfum. Cara mengusir parfum menggunakan parfume ini bisa memanfaatkan kapas sebagai media penyimpan aroma. Semprotkan parfum pada kapas yang dibuat bulat-bulat sehingga aroma lebih tahan lama. Letakan pada tempat yang ingin dijauhi semut, selamat mencoba.

 

APABILA KECOA DAN SEMUT MASIH TETAP ADA..SAAT NYA BERALIH KE KEMUT AMPUH

Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 08561070268